RIDDLE STORY Part 1


Untuk Part 1 disediakan 13 riddle story berbahasa Indonesia. Di Part 1 ini saya sengaja cuma sediakan riddle yang santai-santai aja. So, stay woles aja. Untuk jawabannya bisa dilihat di bagian paling bawah dengan cara drag/sorot bagian kosongnya. Baca juga riddle story Part 2.


STORY 1: Impossibility

Rudy dan Mark adalah sahabat yang sangat dekat.Tapi keduanya senang berkompetisi dalam hal apapun dan saling menantang satu sama lain dengan tantangan tantangan yang mereka buat. Suatu hari, Rudy mengejutkan Mark dengan berkata "Aku bisa menjawab pertanyaan apapun yang ada di dunia!" Yakin bahwa hal itu tidak mungkin terjadi Mark menerima tantangan itu. lalu ia menulis sebuah tes yang penuh dengan pertanyaan yang mustahil untuk dijawab. Setelah beberapa saat Rudy mengembalikan kertas tesnya dan bahkan bisa menjawab semua pertanyaan-pertanyaan yang diberikan Mark tanpa ada yang terlewat. Dan Mark kalah dalam tantangan itu.

Bagaimana Rudy bisa memenangkannya?


STORY 2: The Experiment

Seorang guru bersama murid-muridnya berkumpul pada suatu pagi untuk sebuah eksperimen. Lalu guru itu memulainya "Aku memiliki sebuah batu dan sepotong kayu di tanganku. Aku akan menempatkan kedua benda itu ke sebuah wadah berisi cairan misterius. Kalian dapat mengamati apa yang akan terjadi." Anehnya batu itu mengapung dipermukaan sedangkan kayu itu tenggelam. Lalu guru itu melanjutkan bertanya "Cairan apakah yang ada di dalam wadah itu?"


STORY 3: Marathon

Frans akan mengikuti perlombaan maraton. Dia menelepon nomer yang dia dengar di radio dan mendaftar bersama 2 rekannya Lisa dan Leo. Di perlombaan Frans mulai berlari dan melakukannya dg baik, tapi baru 1/3 jalan yang dilalui, dia berhenti dan memilih tidak meneruskan perlombaannya. Namun pada akhirnya dia tetap menjadi salah satu orang yang menjuarai perlombaan maraton itu.

Bagaimana bisa terjadi? (Frans tidak melakukan kecurangan dengan cara apapun)


STORY 4: Prize Code

Leo terlihat senang ketika kakeknya berkata akan memberikan hadiah kepadanya. Berhubung kakeknya menyukai teka-teki, kakek Leo memberikan sebuah teka-teki untuk hadiahnya itu. Lalu kakeknya memberikan secarik kertas dan berkata "Hadiahnya akan kakek berikan setelah kamu sudah bisa memecahkan kode yang ada di kertas ini."


Bisakah kalian memecahkannya?


STORY 5: A Little Thing

Aku dipanggil dengan 3 huruf, walaupun sebenarnya namaku cukup panjang
Aku ada pada kalian semua, tapi aku tak pernah sama
Aku cukup kecil, tapi jika kamu meregangkan aku, aku akan menjadi panjang, jauh lebih panjang dari yang engkau perkirakan
Aku bisa saja menjadi akar dari penyakit tertentu
Jika kamu dapat membuka aku, kamu akan memecahkan banyak misteri

Apakah aku?


STORY 6: Hero

Lahir dari alam, dibentuk oleh manusia
Semakin pendek dalam rentang kehidupan
Jarang sekali dipikirkan
Tapi ketika diperlukan "I'm the hero of the day"
Selalu memberi dan berkorban tapi tidak pernah menerima
Dan kadang ada di puncak manisnya hidup

Apa itu?

STORY 7: Shopday

Lisa harus pergi ke toko untuk membeli beberapa bahan yang akan dimasaknya. Lalu dia mulai menulis:
- mentega
- susu
- telur
- baking soda
- kacang mete
- jeruk
- cuka
- jus lemon

Apa yang Lisa buat?


STORY 8: The Revenge

Suatu hari Mark mendekati Rudy yang sedang makan di kantin dan berkata, "Rudy, kini giliranku memberikanmu tantangan!" Sambil memberi secarik kertas "Aku menantangmu untuk memecahkan kode yang ada di kertas itu." Rudy melihat tulisan dikertas itu:

80 + (x) = 47 (sementara)
(x) = 79
79 = ...


Hint: pernah beberapa membuat (x) dari 29, hasilnya 0.


STORY 9: Something in the House

Kami bisa membantumu bersenang-senang
Tapi kadang kamu harus menunggu lama untuk kami bersiap-siap
Jika kamu tidak memperbolehkan kami beristirahat
Kamu akan menemukan kami tak bernyawa lagi
Di satu sisi kami sangat optimis
Jenis kami sangat banyak dan bermacam-macam
Kami yakin ada salah satu dari kami tinggal di rumah kalian

Siapakah mereka?


STORY 10: Diamond

Seorang wanita tua yang kaya raya mati dan meninggalkan seluruh harta untuk anak-cucunya. Di akhir surat wasiatnya dia menulis bahwa ia masih mempunyai satu hal lagi untuk diberikan, yaitu berliannya yang berharga. Dia memberikan petunjuk dimana berlian tersebut disimpan, yaitu "ada didalam sebuah silinder yang dikelilingi ribuan persegi". Lalu salah seorang cucunya berkata, "Aku tahu dimana itu." Dan kemudian ia menemukannya.

Dimanakah itu?


STORY 11: Dinner

Sam dan istrinya pergi ke sebuah klub lokal untuk makan malam dan melihat pertunjukan. Mereka telah selesai makan dan kemudian menikmati pertunjukkan. Sam lalu mulai kehilangan kontrol atas sebagian besar tubuhnya. Kaki, lengan, punggung, dan dada menjadi tegang. Otot wajahnya seperti ditarik keatas. Otot perut dan diafragma mulai kejang. Jantungnya berdetak kencang dan tekanan darahnya meningkat dg cepat. Namun tak ada yang melakukan apapun untuknya dan tak ada tindakan medis yang diberikan.

Mengapa hal itu bisa terjadi?


STORY 12: NASA

Jake Homes, wakil kepala kriptografer di pusat Departmen of Defence (DOD), sedang bekerja pada suatu malam yang larut. Rangkaian terakhir dari kode yang ia terima untuk dipecahkan berasal dari stasiun ruang angkasa milik , NASA. Rupanya pihak NASA telah menerima 5 rangkaian kode selama seminggu terakhir dari frekuensi tingkat tinggi dalam format digital visual. Dibawah ini kelima set kodenya;

 wmoa eemn cfuu orrs 
wkia eesn ltpe ihlt
hwth oeno pgem eewe
wsta auob rnpl ispe
aust lmmd laui hnse

"Aneh," pikir Jake. Dia tidak pernah menerima pekerjaan dari NASA sebelumnya. Tapi ia tetap bersemangat untuk menyelesaikannya dan pulang ke rumah, ia mulai berpikir dan mencari tahu kode yang merepotkan itu. Setelah lama berpikir, ia akhirnya tahu, dan segera menelpon direktur dan kepala staffnya di DOD.


Note: kodenya berbahasa Inggris.


STORY 13: Nightmare

Pada suatu malam yang larut, seorang pria paruh baya baru pulang dari lembur di tempat kerjanya. Letih, lesu, yang dia pikirkan saat ini adalah kasur yang empuk untuknya tidur. Ketika ia telah beberapa meter dari rumahnya, dia sangat terkejut seakan letih dan lesunya hilang seketika, melihat seorang yang tidak dia kenal merusak kaca rumahnya, menerobos masuk, setelah beberapa menit orang asing itu pun keluar dari jendela yang sama dg membawa barang berharga milik pria itu. Pria itu seakan tidak bisa berbuat apa-apa, bahkan ia tidak menelpon polisi. Air mata pun mengalir deras dari mata pria itu. Bahkan air juga mulai mengaliri rumah tersebut seakan turut menangis. Malam ini merupakan malam yang mencekam baginya.








JAWABAN RIDDLE PART 1

STORY 1: Impossibility

Rudy mengatakan bahwa ia bisa menjawab pertanyaan apapun kepada Mark, dan ia tidak mengatakan bahwa jawabannya mesti benar. Jadi ia hanya tinggal menjawab asal peryanyaan dr Mark tanpa memperhatikan kebenarannya.


STORY 2: The Experiment
Cairan misterius yang dimaksud tidak lain hanyalah air biasa. Hanya saja kenapa batu itu mengapung sedangkan kayunya tenggelam, karena batunya adalah batu apung dan kayunya adalah kayu ulin/kayu besi.


STORY 3: Marathon
Mudah saja, perlombaan maraton yang diikuti Frans merupakan maraton relay alias maraton estafet. Jadi Frans disini berperan sbg starter menyelesaikan 1/3 jalan dan sisa 2/3 jalan dilakukan dua temannya Leo dan Lisa.


STORY 4: Prize Code
Kita pecahkan kodenya berdasarkan penomoran romawi. 1=I, 5=V, 100=C. Jadi 100 1 5 1 100 berarti CIVIC.


STORY 5: A Little Thing
Sesuatu yang dimaksud adalah DNA. Kita bisa analisis per kalimat.

Aku dipanggil dengan 3 huruf, walaupun sebenarnya namaku cukup panjang (Ya namanya memang panjang, DNA = Deoxyribonucleic Acid)

Aku ada pada kalian semua, tapi aku tak pernah sama (DNA dimiliki setiap mahluk hidup dan berbeda-beda)


Aku cukup kecil, tapi jika kamu meregangkan aku, aku akan menjadi panjang, jauh lebih panjang dari yang engkau perkirakan (DNA memang supermini tapi jika seluruh DNA yang dimiliki seorang dewasa direntangkan akan sepanjang 2x jarak bumi ke bulan.


Aku bisa saja menjadi akar dari penyakit tertentu (penyakit kelainan genetik dan turunan keluarga berasal dr DNA)


Jika kamu dapat membuka aku, kamu akan memecahkan banyak misteri (DNA memang amat rumit dan mengandung banyak misteri untuk diteliti.



STORY 6: Hero
Lilin, analisa setiap kalimat.

Lahir dari alam, dibentuk oleh manusia (lilin dibuat manusia)

Semakin pendek dalam rentang kehidupan (lilin ketika dibakar semakin pendek)


Jarang sekali dipikirkan (lilin memang jarang dipikirkan)


Tapi ketika diperlukan "I'm the hero of the day" (kalau lg mati lampu lilin jadi penerangannya)


Selalu memberi dan berkorban tapi tidak pernah menerima (lilin memang berkorban untuk dibakar dan gak bisa menerima)


Dan kadang ada di puncak manisnya hidup (maksudnya diatas kue ultah)



STORY 7: Shopday
Lisa membuat daftar belanja.


STORY 8: The Revenge
Kita dasarkan pemecahan kode dg nomor atom.
80 + (x) = 47 (sementara), ini artinya 80 (raksa) + (x) = 47 (perak)

(x) = 79, 79 adalah emas (raksa digunakan untuk memisahkan emas dg perak.

Jadi 79 = emas

Sedangkan yg dimaksud pd hint:
Hint: pernah beberapa membuat (x) dari 29, hasilnya 0.
29 adalah tembaga dan emas tidak bisa dibuat dg tembaga shg hasilnya 0.



STORY 9: Something in the House
Baterai, analisa per kalimat.

Kami bisa membantumu bersenang-senang (merupakan sumber tenaga u/ main game, denger lagu, sosmed, dll)

Tapi kadang kamu harus menunggu lama untuk kami bersiap-siap (maksudnya nge-charge)

Jika kamu tidak memperbolehkan kami beristirahat, kamu akan menemukan kami tak bernyawa lagi (habis daya baterainya)

Di satu sisi kami sangat optimis

Jenis kami sangat banyak dan bermacam-macam (ada baterai hp, arloji, laptop, dll)


Kami yakin ada salah satu dari kami tinggal di rumah kalian (Ya di rumah pasti ada baterai)


STORY 10: Diamond
Tempat silinder yg dikelilingi ribuan persegi tidak lain adalah tisu toilet. Silinder yg dimaksud adalah rangka dalam tisu toilet, sedangkan ribuan persegi adalah petak-petak kertas tisu.

STORY 11: Dinner
Sam sedang tertawa.

STORY 12: NASA
Pertama kita pisahkan setiap set kode.
Set 1: wmoa eemn cfuu orss
Set 2: wkia eesn ltpe ihlt
Set 3: hwth oeno pgem eewe
Set 4: wsta auob rnpl ispe
Set 5: aust lmmd laui hnsei

Kemudian cara memecahkannya disetiap set adalah membaca huruf pertama dari setiap kata di sebuah set kemudian huruf keduanya dan seterusnya hingga huruf keempat. Sehingga didapat:

Set 1: wecomefromuranus (We come from Uranus)

Set 2: welikethisplanet (We like this planet)

Set 3: hopewegetnewhome (Hope we get new home)

Set 4: warisunstoppable (War is unstoppable)

Set 5: allhumansmustdie (All humans must die)

Kemudian gabungkan semua kalimat dari setiap set dan menjadi:

"We come from Uranus. We like this planet. Hope we get new home. War is unstopabble. All humans must die."


STORY 13: Nightmare
Rumahnya kebakaran.

0 komentar:

Posting Komentar

 

OFFICIAL PARTNERS

Image and video hosting by TinyPic

ONE PIECE

Image and video hosting by TinyPic